Selasa, 14 Februari 2017

Konfigurasi NTP Server Waktu Sederhana


NTP merupakan protokol standar untuk sinkronisasi waktu pada komputer dan peralatan jaringan. NTP memungkinkan komputer klien untuk menyinkronkan dengan referensi NTP server melalui jaringan komputer. Protokol ini awalnya dikembangkan untuk sistem operasi Linux. Distribusi NTP standar aplikasi yang dapat diunduh secara bebas diberikan di bawah lisensi publik GNU. Artikel ini mencoba untuk menyederhanakan instalasi dan konfigurasi aplikasi server Linux NTP. Ini menggambarkan instalasi NTP sederhana dan berjalan melalui langkah-demi-langkah prosedur konfigurasi yang diperlukan untuk menyediakan server NTP pada mesin Linux.
NTP distribusi perangkat lunak dapat bebas men-download dari situs NTP, ntp.org. Serta mengandung daemon NTP untuk Linux, distribusi juga berisi sejumlah utilitas dan skrip konfigurasi. Utilitas ini dan skrip membantu proses instalasi dan menyediakan fasilitas debugging untuk melacak masalah instalasi. Sejumlah instalasi Linux pra-instal paket NTP, yang lain menawarkan sebagai paket RPM pre-compiled
contoh surat lamaran kerja.
NTP daemon dikonfigurasi menggunakan file konfigurasi 'ntp.conf'. Daftar perintah dapat ditentukan dalam file konfigurasi untuk menunjukkan server daemon ini adalah untuk sinkronisasi ke dan juga untuk menentukan berbagai otentikasi dan kontrol akses pilihan.
NTP daemon mensinkronisasi ke server NTP eksternal. Seringkali, berbasis Internet NTP waktu server yang digunakan sebagai acuan jam. server NTP eksternal ditetapkan menggunakan perintah 'server' bersama dengan alamat IP atau nama domain dari server. Beberapa waktu server eksternal bisa ditetapkan dalam file konfigurasi, yang memungkinkan NTP untuk memilih server yang paling tepat.
NTP daemon dikendalikan oleh serangkaian script, yang digunakan untuk memulai ( 'ntpd start'), stop ( 'ntp berhenti') atau restart ( 'ntpd restart') daemon. NTP daemon dapat dilihat dan debug menggunakan utilitas 'ntpq'. Utilitas ini sangat bagus untuk debuggin masalah dengan NTP dan untuk memperoleh informasi status. Ini memberikan informasi yang berkaitan dengan status sinkronisasi daemon NTP.
Ada sejumlah perintah keamanan yang dapat ditentukan dalam file konfigurasi untuk mengontrol akses ke server waktu dan juga untuk menyediakan otentikasi. Hal ini sangat lurus ke depan untuk membatasi akses dari server waktu untuk sejumlah komputer. Hal ini dicapai dengan menggunakan 'membatasi' perintah, yang digunakan bersama dengan alamat IP atau nama komputer dari komputer yang akan memungkinkan akses. Beberapa 'membatasi' perintah dapat ditentukan untuk membatasi akses ke berbagai komputer. Otentikasi memungkinkan pencocokan set kata kunci yang akan digunakan pada server dan klien untuk mengotentikasi server. kata kunci bersama yang ditentukan dalam file 'ntp.keys' pada kedua server dan komputer client. Kata kunci yang dipercaya dan digunakan untuk tujuan otentikasi kemudian ditetapkan dalam NTP file konfigurasi daemon 'ntp.conf'.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar